Selasa, 17 Mei 2011

NASKAH DRAMA

OLEH : Arsih Zahra F (menjadi kenangan tugas SMA dulu)

RIYAN diperankan oleh M.ARHAM
ANDRE diperankan oleh LUKMAN HAKIM
INDAH diperankan oleh LIANTI
CIKA diperankan oleh HARDIANTI
RINI diperankan oleh HASRIANI
BU DINA diperankan oleh JUARSIH


ANDAI KU TAHU
Di suasana pagi yang cerah, nampak seorang gadis sedang duduk di pojok kanan kelas sedang melamun sambil tersenyum.Cika yang baru saja tiba di kelasnya langsung menghampiri gadis itu.
Cika :”hai, Rin! Pagi-pagi gini kok ngelamun sih!!! lo ngga’kesambet
Kan ??
Rini :Ih apaan sih ! ada juga kesambet setan lo kalee….
Cika :eh rin..lo tau ngga’tadi tuh gue ngelihat ada cowok ganteng di
lobi
Rini :Siapa??? Bikin gue penasaran aja
Cika :Eh itu tuh orangnya (menunjuk ke arah seorang cowok yang
Baru saja masuk ke kelasnya)
Rini :Oh…cowok itu.Dia kan siswa sini juga
Cika :Ah masa sih. murid baru ya?? kok gue ngga pernah liat
Rini :Ya iyalah lo ngga pernah liat. Secara..lo itu kan sering banget
ngga masuk sekolah.
Cika :Ya..ya..ya..gue ngaku gue emang sering banget ngga masuk sekolah.By
the way…sejak kapan dia masuk sini??
Rini :Sejak seminggu yang lalu.Namanya riyan. Anaknya pinter
banget loh udah gitu tajir lagi,tapi sayang…dia itu cowok yang
super-super cuek dan ngga suka bergaul gitu.Satu-satunya
teman yang dekat sama dia hanya ANDRE.Oh..ya satu lagi
banyak lo cewek-cewek yang naksir sama dia.
Cika :Wow…hebat dong!!pokoknya gue harus bisa naklukin
hatinya.Apa sih yang ngga buat cika !!!
(Rini yang melihat keangkuhan sobatnya itu menjadi jengkel)
±±±±±±±
Bel pun berbunyi pertanda pelajaran akan segera dimulai
Bu Dina :Anak-anak,hari ini ibu ada penataran.Jadi,ibu tidak bias mengajar
seperti biasanya.Ibu akan memberikan kalian tugas.Kerjakan soal
latihan 3,4&5 pada halaman 95.Ibu harap kalian bias tetap belajar dan
disiplin.
Siswa : Baik bu




Sepeninggal gurunya,cika berjalan menuju bangku Riyan
Cika :Wah,ini kesempatan deh buat ngedeketin riyan(gumamnya dalam hati)
Hai…!lo murid baru yah,kenalin nama gue Cika.Lo Riyan ‘kan!!
Riyan :Udah tahu nanya
Cika :Ih kok lo gitu sih.Gue kan Cuma pengen temenan sama lo
Riyan :Lagipula,ello ngobrol melulu.Ello ngga denger tadi apa kata bu dina
Atau ello budek ya…?
Rini yang melihat hal itu ,tertawa seakan meledek cika,membuat kemarahan cika semakin menjadi-jadi.
Rini :Aduh, Cik . Udah deh,hal itu tuh udah biasa terjadi. Riyan emang gitu
ama cewek.Udah banyak kale…cewek yang digituin
Cika :Denger ya Rin..jangan panggil gue cika kalau gue ngga bisa naklukin
dia dan ngga ada satupun cewek yang boleh deket sama dia kecuali gue.
╬╬╬╬╬
Andre :Yan,lo kok gitu amat sih ama cewek.Ntar,lo nyesel loh???
Riyan :Nyesel??? Ngga bakalan tuh ada kata nyesel dalam urusan cewek
Andre :Padahal ni yan! Kalo gue jadi ello.Gue pasti bakal nerima cewek-cewek
Itu
Riyan :Dasar playboy!!
BABAK II
Keesokkan harinya,tampak Riyan sedang duduk sambil membaca buku dan saat itu Rini menghampirinya.
Rini :Yan,boleh nanya sesuatu ngga???
Riyan :Ada apa(tetap dengan gaya cetusnya)
Rini :(terdiam sejenak.menghela napas panjang) Begini….(melihat
kedatangan Cika ,rini langsung pergi dan belum sempat mengeluarkan
pertanyaannya)
Riyan :Dasar cewek aneh!
Selang beberapa menit,bel pun berbunyi pertanda pelajaran akan segera dimulai.Hari itu tampak suasana kelas sangat gaduh.Ibu guru memasuki pintu bersama dengan sesosok gadis polos berkacamata.
Bu Dina:Anak-anak hari ini kita kedatangan murid baru.Namanya Indah.Ayo Indah perkenalkan diri kamu !
Indah :Baik bu.Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh! Perkenalkan ,nama saya INDAH.Saya pindahan dari Wonogiri.Sebelumnya saya pernah sekolah di SMU Pelita Harapan.Salam kenal semuanya………..!



Andre :Salam kenal juga.
Siswa :(berteriak) hu….hu….hu
Bu dina:Indah….kamu duduk disebelah Cika
Cika :Apa??duduk sama dia …aku ngga mau bu..
Bu dina:Cika…kamu tidak boleh begitu
Cika :Tapi bu…
Bu dina:Sudahlah…ibu tidak mau dengar alasan kamu. Indah,kamu duduk di sana yah!
Indah :Terima kasih bu (setelah duduk di samping Cika).Hai!!!aku senang deh.Ternyata sekolah ini keren yah
Cika :Ih..kampungan banget sih loh,baru ngeliat sekolahan kayak gini aja udah sampe segitunya
╬╬╬╬
Andre :Yan..yan.lo liat deh penampilan cewek baru itu.Kampungan banget yah
Riyan :(tidak menanggapi dan tetap dengan gaya cuek)
Bu dina:Sekarang buka buku pelajaran kalian dan kerjakan soal-soal pada halaman 10.
Beberapa menit kemudian,bel berbunyi.Hari itu,siswa-siswi cepat pulang karena ada acara penting di kantor Dinas P & K
Bu dina:Anak-anak, selesaikan tugas kalian di rumah.
Indah :maaf bu.Kalau boleh tahu,kenapa kita cepat pulang
Bu dina:Karena hari ini ada acara penting di kantor Dinas P& K.
Indah :Oh ….begitu .
Sambil merapikan bukunya, indah mengajak cika belajar bareng di rumahnya
Indah :Cik,kita belajar bareng yuk di rumah aku!!
Cika :Eh..denger ya .Lo itu ngga deket-deket level sama gue.Jadi,ello ngga usah deh sama gue.Lagian,ngapain sih cewek kayak ello masuk di sekolahan elit kayak gini.Ngga’ pantes banget.Udahlah,gue ngga mau lama-lama bicara sama cewek norak.kampungan kayak ello.
Setelah Cika pergi,Rini menghampiri Indah.
Rini :Sudah,ello ngga usah sedih. Cika emang gitu orangnya.Nganggep dirinyalah yang paling sempurna.Ello bias kok temenan am ague. Oh..ya. Nama gue Rini.Sekarang kita pulang yuk.
Indah :Ayuk !!
Keesokan harinya,Ibu dina meminta siswa mengumpulkan tugasnya.
Bu dina:Anak-anak kumpulkan tugas kalian di atas meja saya.
Indah :(Terlihat cemas, sambil mengorek-ngorek tasnya)
Bu dina:Indah…kamu kenapa???
Indah :Sepertinya tugas saya ketinggalan bu.
Bu dina:Coba kamu cari lagi.
Indah :Ngga’ada bu.Seingat saya, tadi malam sudah saya masukkan dalam tas kok bu.Tapi…….
Cika :Tapi apaan..bilang aja deh,kalo ello ngga kerja ,iya kan!!
Indah :Tidak, bu.Saya sudah mengerjakannya kok.(tiba-tiba pinsang)
Bu Dina dan siswa yang lain segera menolongnya.Tidak berapa lama kemudian Indah pun tersadar.
Bu dina :Indah..kamu tidak apa-apa.
Indah :Tidak apa-apa kok bu.Cuma pusing dikit aja
Cika :Ah..pasti dia cuman akting bu.Biar ngga’ dihukum.
Andre :Hus…Lo jangan asal bicara.Orang udah sakit kayak gini juga,lo malah nyela gitu.
Tiba-tiba Riyan berjalan menghampiri bu Dina
Riyan :Maaf bu .Barang kali ini bukunya.Tadi,saya tidak sengaja nemuin di lantai.
Bu dina:Lalu…tugas kamu sendiri mana???
Riyan :Maaf bu.Saya lupa mengerjakannya.
Bu dina:Riyan…kamu kan anak yang tergolong rajin.Kenapa kamu sampai bisa melupakan tugas tersebut.Ibu benar-benar kecewa sama kamu Riyan dan itu. Ibu harus menghukum kamu.Kamu bersihkan WC sepulang sekolah nanti.
Riyan :Baik bu
Cika,Rini dan teman-teman yang lain melongo melihat kejadian itu.Tidak biasanya
Riyan lupa mengerjakan tugas hingga ia harus dihukum.
Bu dina:Anak-anak,ibu tinggal dulu sebentar
(Indah menghampiri Riyan)
Indah :Yan…terima kasih karena kamu sudah membantusaya,tapi…tidak seharusnya kamu melakukan semua ini. Saya akan bilang semuanya sama bu dina agar kamu tidak di hokum.

(Tiba-tiba Cika menghampiri Riyan dan Indah)
Cika :Oh…ternyata bener itu bukan buku ello.Dasar!!! eh,denger ya cewek kampung. Gara-gara ello reputasi Riyan sebagai anak yang rajin udah hilang tau ngga’
Indah :Tapi,Cik.Aku juga baru mau bilang kok sama bu dina
(Indah pergi meninggalkan kelasnya, sementara ituCika mendekati Riyan.Namun,
Riyan malah mengejar Indah
Cika :Yan..lo mau kemana
Tidak berapa lama kemudian,Indah dan Riyan masuk kembali ke kelasnya dan
keduanya sedang asyik berbicaratampak sangat akrab membuat Cika semakin
cemburu.
(Pronolog musik/lagu Cinta Ini Membunuhku)
Cika :Rin.. denger ya. Pokoknya gue bakal nyari cara buat nyingkirin cewek norak itu. Liat aja deh
(Bel istirahat berbunyi) Bu dina masuk ke kelas XI IPA 1
Bu dina :Anak-anak sekalian ,mohon perhatiannya sebentar.Ibu ingin menyampaikan suatu hal.Berhubung hal ini menyangkut kelas kalian,jadi,ibu sebagai wali kelas kalian sangat peduli terhadap hal ini.Tadi,ibu mendapat kabar bahwa di kelas ini ada siswa yang hamil.Ibu harap hal ini cuma isu belaka.
Andre :Memangnya,ibu dapat kabar itu dari mana??
` Bu dina :Tadi, ada yang menelpon ibu .Tapi,suaranya tidak begitu jelas.Sewaktu ibu bertanya dari siapa,telponnya langsung ditutup.
Indah : Ah, pasti Cuma orang iseng bu..
Cika : Tapi kan bisa saja bu ada siswa di kelas ini yang hamil.Saya sarankan sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan saja.Benar atau tidaknya kabar itu ,entar urusan belakangan.
Riyan : Mendingan ngga usah deh bu .Daripada buang-buang waktu saja
Cika : Tapi bu..kalau sampai benar ada siswasini yang hamil,kan apa jadinya sekolah kita ini.Sekolah elit tapi muridnya ada yang hamil,apa kata orang-orang nanti.
Bu dina : Ibu rasa, Cika ada benarnya juga.Baiklah ibu akan melakukan pemeriksaan kepada kalian.
╬╬╬╬
Sehari setelah tes urin,Ibu dina memanggil Indah ke ruangannya
Bu dina : Ya..masuk.
Indah : Maaf.bu .kenapa saya di panggil??
Bu dina : (Menghela napas ) Indah…ibu tidak pernah membayangkan hal ini.Ibu kira,kamu itu anak yang baik. Ternyata,kamu tidak sepolos yang ibu bayangkan.
Indah : Maksud ibu,apa??
Bu dina : Hasil tes kemarin menyatakan bahwa kamu positip hamil
Indah : (Terkejut) apa??? Aku hamil…Ini pasti ada kesalahan, bu.Tidak mungkin saya hamil. Saya tidak pernah punya teman dekat cowok apalagi pacar
Bu dina : Sebenarnya ibu juga tidak mau percaya hal dengan semau ini .Tapi…
Indah : Tolong bu . percaya sama Indah. Indah tidak hamil. Indah bisa kok membuktikannya bu. Asal, ibu memberikan saya satui kesempatan lagi untuk melakukan tes urin kembali.
Bu dina : Baiklah. Ibu berikan satu kesempatan lagi.Tapi kalau kamu tidak bisa membuktikannya.kamu akan dikeluarkan dari sekolah ini
Indah : Terima kasih .ibu sudah memberi saya kesempatan. Hari ini juga saya akan tes urin dan secepatnya akan saya berikan hasilnya kepada ibu.


BABAK III

Keesokan harinya,Ibu dina menuju kelas XI IPA 1 dengan wajah yang kelihatan ceria
Bu dina : Mana Indah???
Rini : Belum datang,bu.

2 komentar:

Tinggalkan komentar anda
Bagaimana pendapat anda tentang artikel yang saya tulis di atas? Silahkan tulis komentarnya disini...