Sabtu, 11 Juni 2011

❤¸¸.•*¨*•♫ ~~NASEHAT DARI SEORANG SAHABAT~~ ♫•*¨*•.¸¸❤



            Sahabat baik adalah sahabat yang selalu memberikan nasehat-nasehat untuk teman-temanya dan mengarahkannya untuk selalu berbuat kebaikan.Dan berikut ini adalah nasehatnya yang ia uraikan kepadaku:  
1) Jangan tangisi apa yang bukan jadi milik kita.Karna Allah SWT berfirman: Boleh jadi kamu membenci sesuatu,padahal ia amat baik bagimu,dan boleh jadi(pula)kamu menyukai sesuatu,padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui,sedang kamu tidak mengetahui.(Q,S Al Baqarah:216)  
2)Jangan memandang kecil,rendah atau hina kepada siapapun.Karena bersikap demikian akan membinasakan anda.Sebenarnya anda tiada mengetahui mungkin sekali orang itu lebih baik nasibnya dari anda di hari yang akan datang.Sekalipun orang itu pada lahirnya fasik jahat,tidak mustahil pula nasib yang semacam itu akan menimpa dirimu sendiri,sehingga anda mengakhiri hayatmu dalam keadaan fasik dan jahat,sedangkan ia mengakhiri hayatnya dalam keadaan baik dan saleh. Allah SWT berfirman:''.Hai orang-orang yang beriman,janganlah suatu kaum mengolok-olokan kaum yang lain(karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka(yang mengolok-olokkan) dan jangan pula wanita-wanita(mengolok-olokkan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita(yang mengolok-olokkan) dan janganlah kamu  mencela dirimu sendiri..(Q.S Al Hujuraat:11). Dan ''.... Jauhilah kebanyakan dari prasangka sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain... Dan bertakwalah kepada Allah.Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang(Q.S Al Hujuraat:12)  
 3) Jangan merasa senang hati atau bangga diri bila mendengar pujian orang,sebab yang demikian itu belum tentu dari hakikat batinnya.sebab jikalau orang yang baik,untuk memuji seseorang tidak mesti dengan kata-kata tapi akan lebih berarti bila di ekspresikan melalui doa sehingga dengan demikian tidak sampai menjerumuskan orang yng di pujinya. Dan bila ada orang yang memuji kita bacalah doa berikut ini:''Ya Allah janganlah Engkau hukum aku karna apa yang dikatakan oleh orang-orang itu(HR Bukhori).
 4)Janganlah sekali-kali mengadukan kesusahan/aib kita kepada orang lain.mengadulah hanya kepada Allah SWT.karna sesunguhnya hanya Dialah yang akan membantu kita.Bahwasannya Nabi Muhammad saw bersabda:''Setiap umatku mendapat pemaafan kecuali orang-orang yang menceritakan (aibnya sendiri).Sesungguhnya di antara perbuatan menceritakan aib sendiri adalah seorang yang melakukan suatu perbuatan (dosa)dimalam hari dan sudah di tutupi oleh Allah SWT kemudian di pagi harinya dia sendiri membuka apa yang ditutupi Allah itu(HR Bukhari dan Muslim).  
5)Jadilah seorang  yang pemaaf,,dengan ketawadhuan kita,dan dengan keikhlasan kita memaafkan orang lain,akan menjjadikakn amalan ibadah kita tetap suci/fitrah yang terpenting juga adalah hati kita senantiasa baik dan selalu lapang,, sehingga pola pikir kitapun juga baik.Mengalah bukan berarti kalahl,tapi untuk kebaikan agar jalinan silaturahmi kekeluargaan tetap terjaga dunia wa Akhirat. Allah swt berfirman:''Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf serta  berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh.(QS Al A'raaf:199) Innallaha yuhibulmuhsyiniin Sesunggunya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik..  Amin Ya Robbal'alamin...  Salah dan khilaf ana bunga kerinduan mohon maaf yang sebesar-besarnya.. Semoga bermanfaat Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda
Bagaimana pendapat anda tentang artikel yang saya tulis di atas? Silahkan tulis komentarnya disini...